Tergerus Banjir, Jembatan JLS Putus

Sumber berita: radarjember.jawapos.com


Hujan deras yang terjadi di hulu sungai menyebabkan jembatan Jalur Lintas Selatan (JLS) di Dusun/Desa Paseban, Kecamatan Kencong, Kabupaten Jember, Jawa Timur, putus. Putusnya jembatan sepanjang 80 meter dan lebar 12 meter ini karena bagian bawah penyangga tergerus banjir, Sabtu (22/2) pagi sekitar pukul 04.00.

Lima penyangga di bagian bawah jembatan ambrol setelah dihantam banjir, sehingga mengakibatkan putus. “Beruntung saat ambrol tidak ada kendaraan yang lewat sehingga tak sampai menimbulkan korban jiwa,” ujar Serka Mustain, Babinsa Paseban, Kecamatan Kencong.
Bukan hanya bagian jembatan saja yang ambrol, tapi sisi kanan dan kiri jembatan yang sudah menjadi sungai juga ikut ambrol. Bahkan, puluhan bronjong pengaman jembatan ikut ambrol sedikit demi sedikit. “Awalnya di bawah jembatan ini bukan sungai, karena terjadi banjir setahun lalu bawahnya berubah menjadi sungai,” kata Mustain.
Menurut dia, sebenarnya di wilayah Paseban hujan yang turun tak terlalu deras. Hanya saja air kiriman dari hulu menyebabkan banjir hingga putusnya jembatan JLS ini. Kata dia, air besar mulai datang sekitar pukul 01.30 bersamaan dengan pasangnya air laut sekitar pukul 01.00.
Kapolsek Kencong AKP Saidi bersama Muspika Kencong mendatangi TKP. Petugas memasang garis polisi di sekitar jembatan agar warga yang datang tak sampai mendekat. “Karena tanah terus ambrol dan sangat berbahaya ketika ada warga yang menonton lebih dekat,” ujar Saidi. (*)
Reporter : Jumai
Fotografer : Jumai

Editor : Mahrus Sholih