7 Oleh – Oleh Khas Jember yang Paling di Minati Wisatawan

sumber berita: wisatajawatimur


Oleh – Oleh Khas Jember Terpopuler – Banyak dari pengunjung dari beberapa tempat wisata di Indonesia tujuan akhirnya yaitu untu membeli oleh – oleh atau sesuatu yang kahs dari tempat tersebut seperi makanan atau pun souvenir yang tidak ada di tempat tinggal. Oleh – oleh sendiri bisa di jadikan sebagai buah tangan saat anda pulang dari berwisata dan memberi kan sebagai hadiah di rumah kepada keluarga atau pun tetangga terdekat ataupun pasangan anda. Memang Oleh – Oleh ini merupakan hal yang sepele namun juga bisa sangat berhaga bagi pasangan atau orang terdekat yang telah menerima oleh- oleh tersebut dari anda.
Kabupaten Jember ini sendiri sangat terkenal dengan beberapa tempat wisatanya yang meajubkan. jadi tidak heran jika banyak para wisatwan yang berdatangan ke Jember untuk Berkunjung Ke tempat Wisata yang ada di jember ini. Wisatwan yang berdatangan ke jember ini pun tidak hanya dari dalam negeri saja, namun terdapat juga yang wisatawan yang berasal dari luar negeri. Dengan banyak nya tempat wisata di jember ini, Terdapat Pula Oleh – Oleh Khas Jember yang sedang populer di kalangan para wisatawan.

Jika kalian pergi berwisata di Kabupaten Jember Jawa Timur ada terdapat banyak variasi dan beragam oleh – oleh khas jember yang bisa anda pilih dan beli. Jadi untuk anda yang berwisata di Kabupaten jember ini sangat di sarankan untuk mebeli oleh oleh di jember ini di karenakan selain murah makanan kahs jember ini juga enak, selain itu juga souvenir Khas jember ini juga berkualitas dan sangat unik sehingga sangat pantas untuk di jadikan cindera mata saat anda pulang dari berwisata di jember. Berikut beberapa rekomendasi Oleh – Oleh Khas Jember yang anda bisa simak dan lihat di bawah ini.

Oleh – Oleh Khas Jember Paling Populer dan Enak

1. Batik Jember


Batik memang sudah sangat terkenal di Indonesia bahkan di mancaneraga. batik ini tidak hanya berasal dari daerah terkenal seperti solo ataupun pekalongan saja, namun perlu anda ketahui di jember ini juga terdapat batik khas jember. berbeda dengan batik dari derah lainnya, batik jember ini berbahan dasara dari daun tembakau yang yang mudah di dapatkan di jember yang di goreskan di atas kain katun menggunakan canting hingga membetuk pola batik pada selembar kain khas daerah jember. Anda bisa mendapatkan dan membeli batik ini pada sentra batik di daerah jember yang berlokasi di Desa sumberpakem, Kecamatan Sumberjambe, Kelurahan Jember lor Kecamatan Patrang. Oleh – Oleh batik Khas Jember ini merupakan salah satu pilihan yang tepat untuk di jadikan cindera mata, selain awet, Batik ini juga tidak terlalu repot jika di bawah berpergian jauh.

2. Kaos Jember


Selain Batik di jember ini juga terdapat juga baju kaos khas kabupaten jember dengan desain unik dari daerah tersebut. Desain kos Khas Jember ini sangat kreatif dan terdiri dari bermacam – macam desian kaos yang Kocak, Unik dan juga Lucu. Perlu anda kethaui jember sendiri terdiri dari banyak budaya mulai dari Jawa, madura, Tionghoa dan masih banyak lagi menempati kota Jember. Dengan berbagai budaya dan suku tersebut jadi tidaklah sulit bagi mereka untuk memunculkan ide – ide kreatif yang di terapkan pada desain kaos dengan berbagai tema seperti Tema Kuliner, Sejarah, Wisata, seni dan budaya bhakan keraifan lokal kota jember sendiri yang di terapkan pada desain kaos yang unik dan juga lucu. Bagi anda yang tertarik untuk menjadikan Kaos Khas Jember ini sebagai Oleh Oleh, Anda bisa datang ke lokasi penjual kaos yang berada di Jalan Angrek No. 8, Kecamatan Patrang.


3. Souvenir Kerajinan Tangan



Salah satu oleh – oleh yang tidak terlalu ribet di bawah yaitu oleh – oleh berupa souvenir khas jember ini. Anda bisa mendapatkan Souvenir dan kerajinan tangan khas jember ini di Desa Tutul Kecamatan Balung yang berjarak sekitar 25 Km dari pusat kota Jember. Di Desa Tutul ini bisa memilih beragam souvenir dan juga kerajinan tangan mulai Tasbih, Kalung, Gelang, Gantungan kunci dan juga keperluan peralatan rumah tangga yang berbahan dasar dari kayu. Sebagai besar dari msayarakat Desa Tutul ini berprofesi sebagai pengerajin yang handal dan juga profesioanl, jadi untuk kualitas juga tidak bisa di ragukan lagi.

4. Cerutu



Bagi kalian para wisatawan yang suka rokok, anda ahrus mencoba cerutu yang khas kabupaten jember ini. Kabupaten Jember sendiri merupakan daerah penghasil tembakau yang sudah terlihat dan tertera dengan jelas pada lambang kabupaten Jember. Kualitas Tembakau di Jember ini tidak bisa di ragukan lagi karena sudah terkenal di seluruh indonesia bahkan juga terkenal di luar negeri sebagai bahan pembungkus Cerutu terbaik di Dunia. Jika anda para wisatawan yang berkunjung ke jember pada waktu musim tanam tembakau ini anda akan bisa melihat pemandangan persawahan tembakau yang sangat luas yang di tutupi jaring. Untuk anda yang berminat mebeli cerutu Khas jember ini , anda bisa datang dan mebelinya di pusat indutri Bobbin yang di kelola oleh PTPN X desa Candijati Kecamatan Arjasa yang berjarak sekitar 10 Km dari utara Kota Jember. Di Pusat indutri cerutu jember ini anda juga bisa melihat proses pembuatan cerutu yang di pamerkan dalam berbagai jenis dan ukuran yang telah menembus dan terkenal di pasar internasional.



5. Oalahan Tape



selanjutnya yaitu Tape. Di kabupaten Jember ini selain terkenal dengan Tembakau juga terkenal akan beramam olahan Tape yang berbahan dasar singkong. Sangking Kreatifnya Masayarakat jember ini, tape yang berbahan dasar Singkong ini di Olah menjadi beberapa jenis jajanan yang banyak di minati baik oleh masyarakat lokal maupun oleh wisatawan yang berkunjung ke Jember. bagi kalian yang berminat membeli Olahan tape khas jember ini, ada beberapa jenis yang bisa menjadi pilihan yaitu Suwar-Suwir, Dodol Tape, Prol tape, dan yang paling baru dan senag populer yaitu Pia Tape. dari berbagai ragam olalah tape tersebut pasti anda sangat tertarik untuk membelinya sebagai oleh – oleh Khas kabupaten jember.

6. Olahan Kopi dan Kakao


Olahan Kopi dan Kakao Jember
Selain Olahan Tape dengan berbagai jenis yang beragam, Di jember ini juga terdapat berbagai macam olahan coklat dan juga kopi yang tidak kalah terkenalnya. bagi anda yang sangat suka dengan kopi ataupun Coklat, mungkin anda harus mencobanya dan mampir ke puslit Kopi dan Kakao Jember yang berlokasi di Desa Nogosari Kecamatan Rambipuji, yang berjarak sekitar 12 Km kearah selatan dari kota Jember. Berbagai Macam hasil produksi kopi dan juga coklat anda bisa nikmati di tempat atau kalao anda ingin membawanya sebagai oleh – oleh khas jember juga bisa. namun jika anda berencana untuk bersntai sejenak sampail menikmati kopi atau coklat, tempat di puslit ini sangan nyaman di karenakan banyaknya pohon – pohon besar dengan suasana sejuk dan juga asri. Untuk Coklat dijember ini di oleh menjadi berbagai jenis yaitu Permen, Blok, Es krim dan juga Sabun yang semuanya berbahan dasar coklat.

7. Edamame

Edamame Jember

Buat oarang awam pasti masih asing dengan nama Edamame. namun bagi orang jepang ataupun masyarak yang sudah pernah mencicpi dan memakan edamae itu sendiri pasti sudah tidak asing lagi dengan Edamame yang berasal dari negeri sakura ini. Edamame sendiri merupakan kacang kedelai yang salanya dari negeri sakurang memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan. Kacang Edamae dari negeri sakurana ini tumbuh dengan subur Daerah Jember dan menjadi salah satu komoditas unggulan yang di akui dunia yang berjejer mendampingi Komoditas unggulan lainnya dari Kabupaten Jember sepeti Tembakau dan Kakao. Nah Untuk kalian yang berminat menjadikan Kacang Edamame ini sebagai Oleh Oleh, anda bisa datang ke Outlet Mitra Tani 27 untu bisa mendapatkan dan membeli kacang Edamame ini.
Demikian dengan informasi Oleh – Oleh Khas Kabupaten Jember kali ini. Semoga dengan adanya info Oleh – Oleh Khas Jember di atas bisa membantu dan mempermudah anda dalam memilih dan membeli oleh – oleh yang anda inginkan.