Berwisata ke Pabrik Karet Berusia 100 Tahun di Jember







sS




mMenjadi wilayah jajahan Belanda selama 350 tahun lebih membuat Indonesia memiliki banyak peninggalan benda kuno bersejarah. Salah satunya adalah pabrik karet kebun glantangan di Kecamatan Tempurejo, Kabupaten Jember, Jawa Timur.

Sumber berita:www.kompas.tv/

Menjadi wilayah jajahan Belanda selama 350 tahun lebih membuat Indonesia memiliki banyak peninggalan benda kuno bersejarah. Salah satunya adalah pabrik karet kebun glantangan di Kecamatan Tempurejo, Kabupaten Jember, Jawa Timur.
Pabrik yang dibangun pada 1919 masih berdiri kokoh dan masih digunakan untuk produksi. Setiap hari pabrik tua ini mengolah kurang lebih 30 liter getah karet yang dikirim dari sejumlah afdeling di wilayah perkebunan.
Meski hanya sebuah pabrik tua, namun kualitas getah karet yang diolah menjadi lateks mempunyai kualitas terbaik di dunia.
Tak heran jika berwisata di tempat ini membuat banyak pengunjung terkesan. Karena selain mendapatkan pengalaman langka, mereka juga mendapatkan pelajaran tentang sejarah pertumbuhan ekonomi bangsa Indonesia.
#PabrikKaretTertua #Jember #PabrikJember